Wednesday, January 20, 2010

Pelatnas Asian Games 2010 Indonesia Siapkan 48 Atlet



Selasa, 19 Januari 2010 | 21:12 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Pemusatan latihan nasional Asian Games XVI, Guangzhou akan dimulai 1 Februari mendatang, dan akan diresmikan oleh Mennegpora Andi Mallarangeng. Komandan pelatnas Asian Games Hendardji Supandji mengatakan, Pelatnas Asia Games akan diikuti 17 cabang olahraga dari 42 cabang yang dipertandingkan di Asian Games XVI.

"Seperti arahan yang diberikan oleh Mennepora, cabang-cabang olahraga yang menjadi prioritas mengikuti Asian Games segera menyerahkan daftar nama atletnya," ungkapnya usai pertemuan dengan jajaran pendukung Pelatnas di Gedung KONI Pusat, Selasa (19/1/10).

Hindardji yang juga Asam KASAD mengatakan, hingga saat ini yang sudah terdaftar mengikuti pelatnas Asian Games XVI 48 atlet, 18 pelatih dan 11 manajer, dari 10 cabang olahraga yang sudah mengajukan nama nama atletnya. Sementara cabang olahraga lainnya masih menunggu dari induk organisasi olahraga yang bersangkutan.

Setiap cabang olahraga yang mengikuti Pelatnas, diakui Hindardji, akan medapat kesempatan melakukan uji coba baik di dalam dan luar negeri sebanyak satu kali dan dua kali. Di samping itu, setiap cabang nantinya akan mendapat jatah satu pelatih asing, ujar Hendardji yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum PB FORKI.

Sementara itu ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Mulyana dalam paparannya menyebutkan, atlet yang berhak mengikuti pelatnas adalah atlet peraih medali emas dan medali perak di SEA Games Laos .

"Atlet peraih medali emas dan perak menjadi prioritas, di samping prestasi single event yang diikuti di tahun 2009, juga menjadi kriteria atlet Pelatnas Asian Games," kata Mulyana.

17 cabang olahraga yang disiapkan ke Asia Games mendatang terdiri dari atletik, aquatic, diving, swimming, catur, anggar, karate, taekwondo, tenis lapangan, voli pantai, gulat, wushu, panahan, badminton, bowling, balap sepeda, dayung, sailing, dan angkat besi.

link : http://olahraga.kompas.com/read/2010/01/19/21124834/Indonesia.Siapkan.48.Atlet