Sunday, June 12, 2011

Mestakung and The universe with me :)

Akhirnya ada waktu buat nulis lagi, setelah akhir akhir ini sedikit dipusingkan dengan hal bernama Tugas akhir.

Mikirin kapan bisa ngelarin nih skripsweet tapi bingung juga, bukan karena bingung nyelesainnya tapi bingung gimana nanti wisuda kalo ga ada yang nemenin buat foto bareng pas wisuda, wakakakakak... Masak udah mau lulus masih jomblo? benar benar aib itu mah kalo kata orang sunda.. kyaaaa.. ~malu

back to the topic, malam galau gumalau gundah gulana ini, gw mau nulis tentang suatu singkatan yang teriang iang di kepala gw sejak gw SD, pas lagi unyuuuu nyuuunyaaa jaman SD dulu.

Mestakung, ada yang pernah denger itu?
Itu adalah teori yang dikemukakan oleh salah satu jenius yang Indonesia pernah miliki, Prof. Yohanes Surya.
Yohanes Surya lahir di Jakarta pada tanggal 6 November 1963. Ia mulai memperdalam fisika pada jurusan Fisika MIPA Universitas Indonesia hingga tahun 1986, mengajar di SMAK I Penabur Jakarta hingga tahun 1988 dan selanjutnya menempuh program master dan doktornya di College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat. Program masternya diselesaikan pada tahun 1990 dan program doktornya di tahun 1994 dengan predikat cum laude. Setelah mendapatkan gelar Ph.D., Yohanes Surya menjadi Consultant of Theoretical Physics di TJNAF/CEBAF (Continous Electron Beam Accelerator Facility) Virginia – Amerika Serikat (1994). Walaupun sudah punya Greencard(ijin tinggal dan bekerja di Amerika Serikat), Yohanes Surya pulang ke Indonesia dengan tujuan ingin mengharumkan nama Indonesia melalui olimpiade fisika (semboyannya waktu itu adalah “Go Get Gold”) serta mengembangkan fisika di Indonesia.

jaman gw SD udah dijejeli ama pemikiran pemikiran dari orang orang jenius kayak gini, tapi hasile? yaaah..masih gini gini aja..tetep aja ga bisa jadi orang pinter -___-

Itu semua ulah dari salah seorang yang berjasa di kehidupan gw, guru gw, wali kelas gw pas jaman gw kelas 2, yang akhire ngebuat gw yang bandel pas kelas 3, kenakalan2 di kelas 3 SD yang membuat gw didepak dari "Kasta" kelas A ke kelas B di kelas 4, akhire kelas 5 "dipaksa" les ama nih guru, dan akhire jadi orang yang "agak" pinter di kelas B, dibalikin lagi di kelas "A", dan keliatan bego lagi disana. -___-" *terus kapan gw pinternya kalo kayak gini?*

Sebut saja guru saya itu Pak Bandi (emang namanya pak Bandi), pertama ngliat nih guru, isinya cuma bisa ngmg "astaghfirullah", nih guru badan gede, item, keker, di pikiran gw isinya cm galak galak dan galak, tambah lagi, beliaunya itu spesialis di Matematika. A fucking lesson that i've ever met in this world, sebegitu pentingnya kah sampai Tuhan meng-Acc diciptakannya pelajaran ini. Omaigooosh, dan saya selalu saja berurusan dengan pelajaran ini. hadeeeh.

Naah, pas kelas 4 SD, karena saya "terusir" ke kelas B, akhire ibu saya yang nangis bombay gara2 salah satu guru bawel banyak bacod cerita ke ibu kalo saya di sekolah nakal mutusin kalo saya emang harus les. pada ngerti les? itu course, anak umur 10 tahunan yang super unyuuuuu dianggap sebagai tukang rusuh di sekolah, dan ibunya memutuskan untuk menambah kelas belajar anaknya. *merasa gagal jadi anak*

Yaap, akhire gw les jg, disuruh milih guru, ga tau kesambet jin iffrid kayake, tiba2 gw milih nama Pak bandi, skip skip, nilai gw naik drastis, gw yg awale nakal, jadi pendiem (bohong besar), dari yang awale "terusir" ke kelas B, bisa masuk ke kelas A lagi, terus bisa ngalahin anak2 kelas A dan masuk ke SMP Kaporit (bukan faforit), nerusin les lagi pas kelas 3 SMP dan akhire bisa survive dan masuk ke SMA Cepirit (jangan pada mikir mesum awas lo). dan akhirnya takdir mempertemukan kami lagi, beliau akhirnya diterima menjadi PNS, dan ditugaskan di SMA cepirit tempat saya menuntut ilmu. beliau juga yang selalu mem-brainwash saya untuk masuk ke Fakultas Kedokteran. Padahal kalo kejadian bener, apa dia mau tanggung jawab ama pasien2 yg mati di tangan gw? #nevermind

itu overview dari guru yang sudah banyak mencuci otak saya, sudah mengubah pemikiran saya, bahwa dunia itu tidak hanya seluas solo. dunia itu guedeeee, memiliki jari jari sebesar 6375 km, bahwa diluar sana ada benua eropa, afrika, amerika, dan ostrali. Beliau yang memaksa saya ikut lomba Matematika tingkat Kota surakarta pas jaman SD, beliau sebenere tau kemampuan saya dibawah kata kata pas pasan. Tapi beliau cuma ngmg satu "mestakung". Gw cuma plonga plongo, dan tetep nekat ikut tuh lomba. Hasilnya? Semua orang juga tau. -____-

Pas les, tuh guru cuma cengar cengir pas tau hasile gw nomer 65 dari 500an peserta, gw malu ga bs menang, tapi katanya itu keren, keren karena gw yang nglakuin, dalam hati, gw cuma bilang *anjing nih guru* gw cuma mrengut ajee pas les, tapi akhire dia bilang, "seorang Muhammad Afif Ikhsani, yang saya anggap pas pas an otaknya, akhire bisa masuk 100 besar diantara 500 orang pintar se solo itu adalah luar biasa, kamu udah juara buat saya". itulah pujian yang pertama saya dapatkan, ga tau dhing, itu pujian atau hinaan, secara IQ masih jongkok. Dia terus ngomong, "itulah mestakung-semesta mendukungmu-kalau kamu mau sesuatu, secara otomatis dunia seisinya akan membantumu untuk mendapatkan kemauanmu"

Gw cuma mlongo, bingung gajelas, dan guru gw pulang.

Semaleman gw ga bisa tdur mikirin kata kata itu, dan cuma ngliatin sertifikat pertama gw, sertifikat yang sampe detik ini masih gw simpen, sertifikat peserta lomba Matematika SD se Kota Surakarta.

Gw baru ngeh pas SMA, apa itu mestakung. Pas gw ketemu lagi ama tuh guru di SMA, dia dipindahin di SMA cepirit di kota gw, gw lupa dia ngmg apaan, tapi dy cerita tentang pelatih olimpiade matematika indonesia. Prof. Yohanes Surya, gw coba cari di internet. dan ketemu, Mestakung = seMESTA menduKUNG merupakan hukum alam dimana ketika suatu individu atau kelompok berada pada kondisi kritis maka semesta (dalam hal ini sel-sel tubuh, lingkungan dan segala sesuatu disekitar dia) akan mendukung untuk dia keluar dari kondisi kritis.

Itulah mestakung, kata yang membuat saya menjadi gila mimpi, menjadi gila semangat, dan gila akan sesuatu hal yang bersifat fantastis.

Walau saya gagal di usaha pertama saya menjadi dokter, tapi saya puas, setidaknya saya mengerti kalau semesta memang tidak mendukung saya untuk menjadi seorang dokter :D

Sudah lama saya tidak bertemu dengan beliau. Ingin saya ceritakan semua yang sudah dan akan saya alami, ingin saya ceritakan dunia baru saya sekarang di Teknik Perminyakan, ingin saya bisa pamerin kalau saya sudah sampai ke Papua, pulau ujung barat indonesia, beliau dulu selalu menggebu nggebu kalau cerita tentang pembebasan Irian barat, tentang Indonesia yang benar benar menjadi penguasa Asia karena disuplai senjata dari Uni Sovyet.

Dan, sampai detik ini, beliau tetap menjadi panutan saya. Guru yang sudah membuka mata saya kalau saya ini bukan orang tolol yang cuma bisa berantem dan diusir dari kelas. Guru yang sudah membuka mata saya bahwa saya juga bisa jadi dokter. Guru yang membuat saya bangga akan kemampuan yang saya punya, guru yang mengingatkan, apabila saya mau sesuatu dan berusaha, semesta akan mendukungku.

Buat saya, Tidak peduli ada Profesor Yohannes Surya yang sudah melatih ratusan jenius fisika dan matematika di Indonesia. Saya lebih bangga diajar oleh seorang Sarjana FKIP matematika. Yang membuat saya didukung oleh semesta. :)


Terima kasih bapak Rusbandi, S.Pd.

The Universe Will be with me :)