Wednesday, March 30, 2011

Simulator CMG (Computer Modelling Group)

CMG (Computer Modelling Group) 2002.10 adalah program simulasi reservoir yang dibuat oleh Computer Modelling Group Ltd., Calgary, Canada. Program simulasi ini digunakan untuk melakukan simulasi reservoir. Program ini dapat digunakan untuk reservoir satu fasa, dua atau multi fasa dan juga dapat digunakan untuk membuat simulasi dengan dua dimensi atau tiga dimensi. CMG memiliki tiga jenis simulator yaitu IMEX, GEM, dan STARS
Simulator IMEX digunakan untuk kondisi isothermal, aliran simultan dari minyak, gas dan air yang berhubungan dengan viskositas, gaya gravitasi dan gaya kapiler. Istilah Black Oil melambangkan bahwa fasa hidrokarbon dipandang sebagai satu jenis cairan homogen dan tidak ditinjau dari komposisi kimianya. Komposisi fasa dianggap konstan walaupun kelarutan gas dalam minyak dan air diperhitungkan.
Simulator GEM digunakan untuk simulasi reservoir dengan jenis compositional dimana komposisi cairan atau gas diperhitungkan terhadap perubahan tekanan. Simulasi jenis ini banyak digunakan untuk studi perilaku reservoir yang berisi volatile-oil dan gas condensate.
Simulator STARS digunakan untuk studi aliran fluida, perpindahan panas maupun reaksi kimia. Simulasi ini juga banyak digunakan untuk studi injeksi uap panas (steam flood) dan pada proses perolehan minyak tahap lanjut dengan metode in-situ combution.
Pada simulator CMG juga terdapat simulator WINPROP yaitu equation of state untuk multifasa. WINPROP dapat digunakan untuk menganalisa kelakuan fasa fluida reservoir pada sistem gas dan juga minyak, dan digunakan untuk membuat properti komponen untuk simulator komposisional GEM, simulator Black Oil IMEX, dan simulator thermal STARS. WINPROP biasanya digunakan dalam pembuatan properti komponen yang akan digunakan sebagai data input pada simulator komposisional GEM.
Secara garis besar program simulasi pada CMG terdiri dari tujuh bagian utama, yaitu : Technologies Launcher, ModelBuilder, GridBuilder, Simulator (IMEX, GEM, STARS), Results Graph dan Results 3D. Berikut ini akan dijelaskan secara ringkas tentang fungsi dari masing-masing bagian simulator.

selanjutnya download disini...