Saturday, July 24, 2010

JOB PPS (1)




Joint Operating Body Pertamina-Petrochina Salawati (JOB PPS), Sorong, Papua, Indonesia.

Apabila mendengar salah satu kata dari rangkaian kata itu, mungkin penulis akan sangat teringat memori saat melakukan on job training disana, di salah satu perusahaan yang merupakan jenis perusahaan Joint Operating Body, yang berarti suatu kerja sama antara perusahaan asing dalam hal ini adalah PetroChina, dengan Pertamina, dengan pembagian bagi hasil minyak mentah 50:50.

JOB PPS terletak di suatu pulau di seberang kota sorong di provinsi Papua Barat, di pulau salawati. 3 jam perjalanan laut dari kota Sorong. dan ditambah 4 jam perjalan udara apabila kita bertempat tinggal di pulau jawa. :)
Sungguh, perjalanan yang amat menakjubkan. Benar-benar beruntung mendapatkan pengalaman yang sungguh luar biasa dengan On job Training disana.

Pemandangan alam yang menakjubkan, suasana keramahan dari para rekan-rekan karyawan yang tiada tara, duren yang sungguh nikmat, menu masakan di mess hall yang sama tiap pagi dan sekarang malah bikin kangen, rekan-rekan di production operation (MPA) yang sungguh penuh rasa kekeluargaan (walau sampai kita pun kena janji lautnya), cuaca yang bisa berganti dengan ekstrem, keunikan warga kampung baru, keeksotisan sungai yang begitu indah saat kami mengambil sample air.
Pengalaman tidur di portable camp, kontainer yang diubah sebagai tempat untuk tidur crew, dengan AC nya yang seperti bunyi helikopter. Kamar mandi yang mungkin bila orang biasa melihatnya, akan mau untuk menahan sakitnya perut karena jijik melihat bentuk tempat buang air disana.

Sungguh, unforgotten memories. :)

Total kami (penulis dengan rekan), menyelesaikan On The Job Training kami selama 28 hari terhitung dari 7 April 2010 sampai 5 Mei 2010. Dengan konsentrasi, production engineering for special studies.
Disana kami lebih banyak belajar mengenai sistem produksi yang digunakan untuk memproduksikan fluida hidrokarbon ke permukaan. Yakni sistem produksi pompa benam electric submersible pump atau yang lebih dikenal dengan ESP.

ESP merupakan suatu pompa yang dulunya pada saat perang dunia ke II digunakan untuk memompa air dalam kapasitas yang besar. Melihat kemampuannya yang begitu besar dalam mengambil fluida, maka pompa ESP pun digunakan dalam memproduksi fluida hidrokarbon ke permukaan.

Di JOB PPS, mereka menggunakan jasa dari Powerlift Indonesia sebagai operator dalam penyediaan jasa pompa benam ESP.

Sungguh benar-benar pengalaman yang sangat mengagumkan bisa menginjakkan kaki ke tanah yang menajubkan itu, suatu tempat yang sudah membangkitkan semangat ku untuk bisa berkeliling dunia dengan menjadi PE. :)

terima kasih untuk:

1. Bp. Hari K. Oetomo (res.eng Petrochina indonesia)
2. Bp. Albertus Wahyu (FM JOB PPS)
3. Bp. Boyke Sudarsono (FOS JOB PPS)
4. Bp. Hendriyan dan Bp. Petrus K. (Prod. Supv. JOB PPS)
5. Bp. Zinnun Soulissa (ex. PE )
6. Semua pihak yang membantu kami