Sunday, January 30, 2011

Pengenalan Software AUTOPIPE

Perancangan Pipa bawah laut adalah salah satu mata kuliah yang di ajarkan dalam Dunia Teknik Kelautan. Software yang digunakan dalam aplikasi perpipaan antara lain : Autopipe, CAESAR, Offpipe, dan masih banyak yang lainnya.
Untuk Kasus ini kita batasi pembahasan Autopipe saja. Mari kita lihat sejenak tampilan interface autopipe.
< Tampilan Interface Autopipe 2004 >
Autopipe adalah suatu program komputer yang digunakan untuk menganalisa dan menghitung tegangan pada pipa, analisa flange, analisa dari support, displacement dan code stress dalam kondisi statis dan dinamis.


Autopipe dapat menganalisa efek yang ditimbulkan oleh thermal load di seluruh sistem perpipaan. Dari pembuatan model, loading dan analisa. Dari ketiga hal tersebut akan dihasilkan output stress, defleksi, force dan moment sehingga tercapai tujuan dalam mendesain agar sistem perpipaan dalam kondisi aman dan mempunyai fleksibilitas.
Sebagai contoh dibawah ini adalah salah satu contoh sederhana permodelan struktur pipa dengan menggunakan software autopipe.

< Permodelan struktur pipa (solid Model View) >


< Wire-Frame View >

< Single Line View >



Sekian dan Terima Kasih





Wednesday, January 26, 2011

Mengatur Directory File Pada SACS 5.2

Directory merupakan tempat penyimpanan file-file SACS yang kita inginkan, dengan kata lain directory memberikan kita kemudahan untuk mengatur file-file SACS yang sedang kita kerjakan agar terkumpul dalam satu folder. Pada SACS anda bisa mengaturnya sesuka hati, sebagaimana ditunjukkan gambar dibawah ini :

Gambar Tampilan SACS



Dari gambar diatas dikiri bawah ada pilihan yang bertuliskan directory(dilingkari merah), setelah andahklik itu, maka akan muncul drive beserta folder-folder dimana lokasi directory sacs anda saat itu, pilihlah lokasi penyimpanannya sesuai keinginan anda.

Atau anda ingin lebih jelas silahkan lihat videonya dibawah ini :



Atau langsung download videonya


Oke... Selamat Mencoba...

Monday, January 24, 2011

Piping Handbook



Berikut ini kami sertakan sebuah Ebook tentang piping handbook, besar harapan kami semoga ebook ini bermanfaat bagi teman-teman semua.


Baiklah silahkan didownload dibawah ini,




 Selamat Menikmati



    Jacket Platform

    Chakrabati dalam bukunya handbook of Offshore Engineering menyampaikan bahwa struktur lepas pantai bisa saja terpancang maupun terapung. Keduanya sama-sama bisa dipergunakan sebagai tempat penyimpanan, produksi, maupun pemindahan muatan minyak dan gas. Hal itu dilakukan untuk mendukung suatu proses eksplorasi. Salah satu contoh struktur lepas pantai terpancang adalah jacket platform.

































    Menurut Hastanto (2000), struktur jacket merupakan bentuk struktur terpancang (fixed Structure) yang terdiri atas beberapa komponen utama yaitu:
    • Deck/Geladak yang berfungsi sebagai penunjang seluruh kegiatan, tempat fasilitas dan tempat bekerja para personel.
    • Template/jacket yang berfungsi sebagai penerus beban baik beban vertikal dari geladak maupun beban lateral dari angin, gelombang, arus dan boat impact ke pondasi.
    • Pondasi yang berfungsi untuk meneruskan beban dari jacket ke tanah.
    Selain itu juga ada subkomponen dari masing-masing komponen utama dari jacket yaitu:
    • Subkomponen dari struktur geladak antara lain: skid beam, plat geladak deck beam, kaki geladak, longitudinal trusses dan wind girders.
    • Subkomponen dari jacket antara lain : legs, horizontal dan vertical bracing, launch runner dan detail element (boat landing, barge bumpers dan walkways).
    • Subkomponen dari posisi antara lain : skirt pile sleeves, skirt pile bracing, piles.
    Beberapa sistem jacket yang ada di dunia, mempunyai perbedaan utama mengenai jumlah kaki, konfigurasi sistem bracing serta fungsinya. Jumlah kaki pada setiap jacket bervariasi dari satu hingga delapan kaki dengan membentuk konfigurasi tertentu. Demikian juga dengan sistem konfigurasi bracingnya dari yang sederhana sampai yang kompleks (McClelland, 1986)








    Sumber :
    Dawson, T. H., 1983, Offshore Structural Engineering, Prentice- Hall Inc. Engelwood Cliffts, New Jersey, USA.
    Hastanto, E. S., 2005, Analisa Ultimate Strenght Struktur Jacket LE Berbasis Keandalan. Jurusan Teknik Kelautan, FTK-ITS, Surabaya.
    *-*-*-*

    ROV (Remotely Operated Vehicle) dan Aplikasinya

    Definisi ROV (Remotely Operated Vehicle) menurut Marine Technology Society ROV Committee's dalam "Operational Guidelines for ROVs" (1984) dan The National Research Council Committee's dalam "Undersea Vehicles and National Needs" (1996) adalah pada dasarnya sebuah robot bawah laut yang dikendalikan oleh operator ROV, untuk tetap dalam kondisi yang aman, pada saat ROV bekerja di lingkungan yang berbahaya.
    Remote Operation Vehicle (ROV) secara luas dikenal sebagai nama umum bagi kapal selam mini yang kerap digunakan pada industri minyak dan gas lepas pantai. Kapal selam ini tak berawak, tapi dioperasikan dari kapal lain. Keduanya terhubung melalui kabel yang berfungsi juga sebagai penambat.
    ROV tersusun dari satu set pengapung besar di atas sasis baja atau aluminium agar. Pengapung itu biasanya terbuat dari busa sintetis. Di bagian bawah konstruksi terpasang alat-alat sensor yang berat. Komposisi ini--komponen ringan di atas dan berat di bawah--akan menghasilkan pemisahan yang besar antara pusat apung dan pusat gravitasi. Maka alat ini pun lebih stabil di dasar laut saat melakukan tugas-tugasnya.
    ROV memiliki kemampuan manuver yang tinggi. Kabel tambat berfungsi mengirimkan energi listrik serta data video dan sinyal. Saat bertugas memasang kabel-kabel listrik tegangan tinggi, ROV biasanya ditambahkan tenaga hidrolik.
    Sistem ROV terdiri atas vehicle (atau sering disebut ROV itu sendiri), yang terhubung oleh kabel umbilical ke ruangan kontrol dan operator di atas permukaan air (bisa di kapal, rig atau barge). Yang paling juga adalah sistem kendali, sistem peluncuran dan sistem suplai tenaga listrik maupun hidrolik. Melalui kabel umbilical, tenaga listrik dan hidrolik, juga perintah-perintah, atau sinyal-sinyal kontrol, disampaikan dari ruang kontrol ke ROV, secara dua arah. ROV dilengkapi dengan peralatan atau sensor tertentu seperti kamera video, transponder, kompas, odometer, bathy (data kedalaman) dan lain-lain tergantung dari keperluan dan tujuan surveinya.


    Kebanyakan ROV dilengkapi dengan kamera video dan lampu. Kemampuannya bisa ditingkatkan dengan menambahkan sonar, magnetometer, kamera foto, manipulator atau lengan robotik, pengambil sampel air, dan alat pengukur kejernihan air, penetrasi cahaya, serta temperatur.
    Kabel-kabel ROV dilapisi dengan tabung penuh minyak agar terhindar dari korosi air laut. Alat pendorong dipasang di tiga lokasi agar menghasilkan kontrol penuh terhadap alat itu. Adapun kamera, lampu, dan lengan manipulator berada di bagian depan atau belakang.
    Secara pasti siapa yang pertama kali membuat ROV tidak diketahui secara jelas. Namun setidaknya ada dua peristiwa penting, ketika diluncurkannya PUV (Programmed Underwater Vehicle) yang dibuat oleh Luppis-Whitehead Automobile di Austria pada tahun 1864. Sebutan ROV sendiri pertama kali dibuat oleh Dimitri Rebikoff tahun 1953, yang membuat ROV dengan nama POODLE. (Marine Technology Society). Angkatan Laut Amerika Serikat selajutnya mengembangkan teknologi ini. Dengan dukungan teknologi tinggi dasn pendanaan besar mereka mengembangkan ROV untuk mengangkat ranjau-ranjau di dasar laut dan peristiwa hilangnya bom atom di Spanyol pada kecelakaan pesawat di tahun 1966. Teknologi ROV ini dikembangkan sejak 1960-an oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dengan tujuan awalnya untuk operasi penyelamatan dan pengambilan obyek di dasar laut.

    Generasi berikutnya dengan semakin berkembangnya teknologi, ROV banyak digunakan untuk mendukung pekerjaan di pengeboran minyak lepas pantai. ROV pertama kali yang dilibatkan dalam hal tersebut adalah RCV-225 dan RCV-150 yang dibuat oleh HydroProducts, Amerika Serikat. Saa ini, pada saat kecenderungan eksplorasi minyak dan gas semakin dilakukan pada laut dalam, ROV telah menjadi suatu bagian yang penting dari operasional tersebut.
    ROV terbagi atas berbagai tipe, tergantung dari kemampuan dan fungsi kerjanya. Ada Small Electric Vehicle, -ROV kecil, berdimensi mini untuk kedalaman kurang dari 300m, biasanya untuk keperluan inspeksi dan pengamatan, digunakan untuk inspeksi perairan pantai, juga untuk ilmiah, SAR, waduk, saluran air dan inspeksi nuklir.
    Ada juga berdasarkan kemampuan kerjanya seperti tipe Work Class Vehicle, yang menggunakan listrik dan hidrolik sebagai sumber tenaganya. Sebagian besar tipe ini untuk mendukung pekerjaan pengeboran lepas pantai, yang digunakan untuk survey dan rektifikasi pipa gas bawah laut dan kelas inspeksi (inspection-class) dan yang kelas kerja atau (work-class). ROV kelas inspeksi ini kecil dan agak ringan, biasanya digunakan untuk survey dan pekerjaan test karat (catodhic protection) konstruksi platform dan bangunan air lepas pantai.
    Sistem ROV pada umumnya bekerja di atas wahana apung seperti kapal, barge, atau rig. Bila sistem ROV dipasang diatas kapal, maka posisi ROV di bawah laut akan mengacu pada titik referensi di kapal. Untuk keperluan survei, kapal biasanya menggunakan DGPS (Differential Global Positioning System) sebagai penentuan posisi utamanya. Sedangkan untuk posisi di bawah laut, sistem ROV dilengkapi dengan alat penentuan posisi bawah laut menggunakan gelombang suara (Acoustic Underwater Positioning). Salah satu metode ini adalah Ultra Short BaseLine (USBL), yang akan mengukur jarak, kedalaman, dan azimut ROV terhadap transduser USBL yang dipasang di kapal.
    Posisi ROV dan data navigasi lainnya, dalam sistem koordinat tertentu akan didapat dan melalui perangkat lunak navigasi tertentu, akan dikirimkan secara real time ke ruang kontrol ROV.
    Sistem ROV disamping menggunakan teknologi mutakhir, juga didukung oleh sumber daya manusia yang profesional di bidangnya. Dukungan peralatan suku cadang dan training bagi para operatornya selalu dilakukan secara periodik.

    Aplikasi ROV
    Dalam perkembangannya kini, pemakaian ROV banyak digunakan baik untuk kepentingan kalangan militer, bisnis atau komersial, maupun akademis dan riset. Sekarang berbagai pasar sedang menemukan kebutuhan untuk ROV seperti ilmu kelautan, pemancingan, teknik sipil, keamanan, pendeteksian kandungan mineral dan lain sebagainya.
    Kini, ROV menjadi multiguna. Antara lain untuk tujuan dokumentasi den eksplorasi dasar laut, penanggulangan, penyelidikan, pencarian dan pertolongan (SAR), pengeboran tambang, penggalian/penguburan bentangan kabel dan lain sebagainya.
    Bidang Pertambangan, Minyak dan Gas Lepas Pantai
    Di bidang pertambangan, perminyakan dan gas lepas pantai, baik di dalam maupun luar negeri, penggunaan ROV sudah tidak asing lagi. Mulai dari perencanaan, pemasangan atau konstruksi sampai dengan perawatan fasilitas bawah laut tidak lepas dari peran ROV.
    Demikian juga untuk keperluan pertambangan, jasa ROV pernah digunakan oleh salah satu perusahaan tambang emas di Sumbawa pada tahun 1999-2000 dalam rangka pemasangan dan monitoring tailing line (pembuangan limbah) di palung laut selat Alas, Nusa Tenggara Barat.
    Aplikasi lainnya adalah untuk keperluan survey dan perbaikan bawah laut. Pada kegiatan survey dan perbaikan pipa dibawah laut, yaitu survey posisi dan pemetaan dasar laut untuk melihat keamanan pipa dan jaringannya. Bila pipa dan jaringannya dibiarkan begitu saja maka akan timbul kerugian yang besar apalagi kalau pipa itu pecah dan meledak, maka pasokan gas akan terputus. Oleh karena itu seringkali kegiatan survey ini selalu bersamaan dengan perbaikan pipa atau dikenal dengan rektifikasi pipa.

    Ini merupakan proyek atau pekerjaan oceanografi yang besar dan mahal disamping membutuhkan peralatan ROV, manusia yang berkeahlian dan kapal survey. Kapal surveynya sendiri juga mempunyai peralatan dynamic position (DP) yaitu semacam baling-baling atau thruster. Hal ini diperlukan, karena kapal tidak boleh buang jangkar ditengah laut pada saat survey sehingga tidak mengganggu pipa-pipa yang akan disurvey dan direktifikasi.
    Pipa gas dan jaringannya terhampar begitu saja dibawah laut, kondisi topografi bawah laut itu seperti halnya didarat, turun naik, berbukit-bukit tingginya bervariasi antara 0 sampai 60 meter. Kondisi inilah yang menyebabkan pipa gas itu bebas atau yang sering disebut dengan istilah freespan, artinya pipa itu tidak didukung oleh penyangga diantara dua buah bukit. Freespan bisa panjang-panjang, kalau freespan-nya panjang maka perlu adanya penyangga biasanya digunakan karung-karung yang dicor semen. Karung-karung tersebut dengan nama grout bag. Pekerjaan itu semuanya ditangani oleh ROV. Ada juga istilah touch down untuk ujung-ujung pipa yang menempel atau menyentuh bukit diantara free span.
    ROV tidak saja melakukan pekerjaan tersebut diatas, tetapi alat ini digunakan untuk memutar valve atau stop kran yang menghubungkan jaringan pipa dengan platform atau anjungan. Ada banyak ball-valve (BV) yang diputar dan ditutup atau dikenal dengan istilah exercise.
    ROV seolah mata dan tangan kita, seolah-olah kita menyelam didasar laut. Kita seakan-akan menyelam dan bekerja dibawah laut. Pekerjaan ini mengasyikan, tetapi kalau datang arus kuat didasar laut dan juga di permukaan laut, hal itulah yang “kurang” mengasyikan. Kapal akan goyang, terkadang peralatan seperti laptop, digital camera dan alat penunjang lainnya terlempar dari meja kerja kita. Inilah tantangan bekerja di laut. Para oceanographer selalu membuat prediksi-prediksi harian tentang gelombang, cuaca, arah angin, tinggi gelombang laut, wave, petir, hujan dan lain sebagainya yang dapat diperoleh informasinya dari platform dan stasiun terdekat, serta Radar di kapal survey. Bila kita amati di radar kapal survey, maka akan termonitor kapal-kapal disekitar kita, dan pergerakan awan dan hujan disekitar kita dengan radius yang cukup besar. Tentu saja radar dapat mendeteksi kecepatan awan dan hujan berikut arahnya.
    Awak kapal (vessel-crew) oceanographer, surveyor (geodesy) dan teknisi selalu melakukan latihan keselamatan kerja yang kita sebut sebagai safety drill. Safety drill adalah sangat penting, mengingat kita bekerja dilaut lepas yang rawan kecelakaan kerja.
    Kegiatan survey dan rektifikasi pipa gas dan jaringannya yang menghubungkan antara platform atau anjungan yang berada di lepas pantai perairan barat Natuna atau dikenal dengan west Natuna Sea ini memerlukankan waktu sekitar 6 bulan, yang diselingi dengan pengambilan bahan-bahan seperti semen, batu kerikil dan makanan dari Batam. Sedangkan kapal survey berangkat dari Singapura. Inilah ironisnya, kapal-kapal survey itu selalu berlabuh di Singapura, tidak mau di Batam, karena alasan birokrasi di Indonesia yang terlalu rumit (njelimet dan bikin bingung), juga terlalu banyak pungutan liar atau setengah liar. Padahal dari sisi teknis pelabuhan di Batam sudah memadai untuk digunakan sebagai pelabuhan kapal-kapal survey.
    Teknologi tepat guna bawah laut adalah dengan menebar atau menghampar kerikil didasar laut yang lembek atau dikenal dengan soft sea bad. Pada tanah yang lembek itu biasanya grout bag ambles dan posisinya menjadi tidak tegak, bahkan cenderung miring akibat adanya kekuatan arus bawah laut. Problem ini acapkali terjadi di periran Natuna Barat bagian utara. Hal ini berbeda dengan di bagian selatan yang dekat Batam dan Singapura yang sea bad nya cukup stabil. Mengapa hal ini terjadi? Ini yang masih harus dijawab oleh para oceanographer.
    Banyak hal yang ditemukan pada saat survey seperti halnya fish-net yaitu jaring-jaring ikan yang menyangkut di pipa gas, marine grout (tumbuhan laut) yang menempel di pipa. ROV takut terhadap fish net ini, karena bisa merusak thruster atau baling-baling penggerak ROV. Kalau nyangkut ROV akan mati dan harus ditarik keatas. Ini sangat berat, karena ROV work class yang digunakan beratnya lebih dari 1 ton, tetapi bisa dikerek dengan alat katrol yang dilengkapi dengan mesin pengkerek ROV.
    Beberapa aplikasi lain teknologi ROV di dunia pengeboran minyak dan gas lepas pantai adalah antara lain sebagai berikut:
    1. Menyertai para penyelam, untuk meyakinkan bahwa para penyelam dalam keadaan aman dan siap memberi bantuan.
    2. Inspeksi atau pemeriksaan anjungan atau kilang minyak, dari mulai pemeriksaan visual sampai menggunakan alat tertentu untuk memonitor efek dari korosi, kesalahan konstruksi, mencari lokasi keretakan, estimasi biologi untuk pencemaran.
    3. Inspeksi Jalur pipa, mengikuti jalur pipa bawah laut untuk mengecek adanya kebocoran, menentukan perkiraan umur pipa dan meyakinkan bila instalasi pipa dalam kondisi baik.
    4. Survei, baik visual maupun survei menggunakan gelombang suara, diperlukan sebelum pemasangan pipa, kabel, dan fasilitas bawah laut lainnya.
    5. Pendukung pengeboran dan konstruksi, dari inspeksi visual, memonitor pelaksanaan pengeboran dan konstruksi, sampai melakukan perbaikan-perbaikan jika diperlukan.
    6. Memindahkan benda-benda berbahaya di dasar laut, terutama di sekitar fasilitas bangunan seperti kilang minyak. ROV terbukti lebih bisa menekan biaya untuk menjaga daerah tersebut tetap aman dan bersih.
    7. Pada pekerjaan pemotongan bawah air (underwater thermal cutting).
    8. Menutup Kebocoran Sumur Minyak Bawah Laut.
    Bidang Telekomunikasi

    Pemanfaatan ROV dalam bidang telekomunikasi adalah guna mendukung pekerjaan pemasangan kabel telekomunikasi bawah laut, selain memonitor, juga menjaga agar pemasangan kabel sesuai dengan prosedur sehingga terlindung dari gangguan nelayan (kapal trawler) dan kemungkinan kapal membuang jangkar.
    Bidang Riset
    Sebagaimana disebutkan diawal pendahuluan di atas, salah satunya menginvestigasi perubahan-perubahan yang terjadi di dasar laut pasca gempa dan tsunami. Selain itu adalah guna mendukung dalam pemetaan lokasi berbagai harta karun terpendam di perairan laut dalam Indonesia, keanekaragaman hayati, termasuk bebarapa species ikan langka yang disinyalir berada di perairan Indonesia dan "Deep Ocean Water" (perairan laut-dalam).
    Melalui survei dan studi dengan menggunakan alat ROV tidak berhenti sebatas pengetahuan, melainkan kearah industri seperti pengembangan air dalam kemasan dengan menggunakan bahan baku air laut-dalam. Di Jepang misalnya untuk air kemasan seperti itu sudah dikembangkan.
    Air mineral itu dapat dikembangkan sebagai sumber air yang sehat dan lebih baik kualitasnya daripada air mineral dari sumber air di daratan. Bahkan saat ini, seorang insinyur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya asli Nganjuk Jawa Timur telah menemukan bahan bakar untuk kendaraan bermotor dari air laut dalam yang dinamakannya blue energy.
    Uji coba kendaraan berbahan bakar tersebut telah dilakukan mulai dari Jakarta menuju Nusa Dua, Bali, tempat digelarnya United Nation Framework Conference on Climate Change (UNFCCC) 2007 dengan tanpa ada masalah. Selain hemat dan mampu meningkatkan performa kendaraan, keunggulan bahan bakar tersebut adalah rendahnya emisi karbon yang dihasilkan. Ini sesuai dengan pesan UNFCCC yang digelar 3-14 Desember 2007. Untuk memakai blue energy, mesin tidak perlu dimodifikasi. Bahkan, ada yang sebelumnya menggunakan solar dan di tengah jalan langsung diganti 100 persen dengan blue energy, dan hasilnya mobilnya malah semakin tidak ada getaran. Penelitian teknologi blue energy ini telah mulai ditelitinya sejak 2001.
    Untuk mendapatkan air laut dalam tersebut dengan menggunakan robot ROV, karena pada sampel air laut yang sudah diambil dalam tiga posisi--kedalaman kurang dari 150 meter, 300 meter, dan lebih dari 350 meter--terlihat adanya potensi pengembangan air mineral.
    Selain mencari potensi laut dalam, robot ROV juga bisa digunakan untuk mendeteksi kemungkinan adanya coelacanth, ikan purba laut dalam yang hidup 400 juta tahun yang lalu. Jenis ikan ini dianggap sebagai fossil hidup, karena diketahui hidup sejak 400 juta tahun lalu, jauh sebelum masa dinosaurus, dan dianggap telah punah sekitar 80 juta tahun lalu. Para peneliti percaya bahwa anatomi ikan ini tidak banyak berubah sejak zaman purba itu.
    Temuan pertama akan ikan purba coelacanth ini terjadi di tahun 1938 di pantai Afrika Selatan, sekitar Muara Chalumna, yang kemudian segera menggemparkan dunia. Di Indonesia, ikan coelacanth ini pertama diamati di pasar ikan Manado oleh Mark Erdmann di tahun 1997. Tahun 1998 baru ditemukan satu spesimen dari lokasi yang sama yang kini disimpan di Museum Zoologi LIPI di Cibinong, Ikan ini menjadi objek penelitian para ilmuwan dari berbagai negara, dan disepakati bahwa jenis ikan yang dijumpai di Manado ini berbeda dari yang ada di Comoro, dan diberi nama Latimeria menadoensis, Jenis ikan ini telah dilindungi undang-undang. Pada 1999, salah satu jenis coelacanth telah ditemukan di Sulawesi Utara dan diberi nama Latimeria menadoensis. Pada Mei 2007 seekor ikan purba coelacanth yang oleh penduduk setempat disebut “ikan raja laut” kembali tertangkap secara tak sengaja oleh nelayan di perairan dekat Manado.
    Pada tahun 1999 peneliti Jerman dari Max Planck Institute berhasil merekam dengan video ikan-ikan purba ini di lingkungannya di dalam gua-gua laut-dalam dengan menggunakan kapal selam mini (submersible). Peneliti Jepang dari Aquamarine Fukushima menyusul kemudian di tahun 2006 dengan membawa ROV berhasil membuat rekaman video ikan-ikan ini dari kedalaman sekitar 150 meter.
    Bahkan telah diisiapkan sebuah rencana besar bagi program konservasi Coelacanth dengan menyiapkan sebuah akuarium mobile yang bisa ditenggelamkan pada kedalaman tertentu, dimana alat ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi ROV.
    National Geographic dalam ekspedisinya pada tahun 2005, di kawasan perairan Laut Banda dan sekitarnya di Kepulauan Maluku juga dengan dukungan penuh dari teknologi ROV, yang saait itu sudah mulai populer dipakai untuk melakukan pekerjaan di bawah laut. Dalam ekspedisi ini ROV akan membuat transek bawah air, menjadi stasiun apung, mengumpulkan sampel, dan menyertai anggota tim untuk mengumpulkan ikan dan invertebrata bawah air, di kawasan yang belum pernah dieksplorasi. Selain itu juga melakukan survey vertikal kolom air laut, palung laut di kawasan perairan tersebut dan mengumpulkan data distribusi biota laut, keanekaragaman hayati, dan kondisi lingkungan invertebrata di perairan berkedalaman sedang dan dalam, termasuk juga data karakterisitik habitat dan ekosistemnya.
    Di belahan dunia lain, saat ini di laut dalam Antartika sebuah robot robot dengan remote kontrol (ROV) dari Inggris akan diuji coba di sana, hingga pada kedalaman 6,5 kilometer ke bawah laut. Dan tugas pertamanya adalah menemani para peneliti laut dalam untuk urusan ilmiah dan melihat dasar laut dalam di Antartika.
    Dari analisis yang mereka punyai kini, dasar laut yang ada di Antartika sekarang merupakan sedimen, yang berasal dari pesisir Margarita. Pesisir tersebut sendiri merupakan daratan es masif yang diperkirakan telah ada semenjak 20.000 tahun lalu.
    Selain mencari awal dari sedimen glasial, penelitian lain juga dilakukan dalam ekspedisi tersebut. Salah satunya merupakan penelitian mengenai mahluk laut dalam dan untuk mempelajari bagaimana hewan laut tersebut beradaptasi dengan hawa dingin lautan dan tumbuh makin ke dalam laut. Dengan ROV tersebut, diyakini bisa melihat bagaimana itu semua bisa terjadi. Selain juga mencari bukti mengapa satu mahluk dapat hidup makin ke dalam laut, sementara yang lainnya tidak.
    Dalam lautan Antartika kini terdapat mahluk laut seperti cumi-cumi raksasa, ikan berlampu, ubur-ubur, dan kehidupan dalam laut lain yang pernah ada di muka bumi.
    Operasi SAR
    Saat ini, teknologi ini telah diaplikasikan pada Kapal Riset Baruna Jaya IV milik BPPT. Teknologi survei kelautan yang dimilik kapal ini menggunakan dengan peralatan-peralatan utama: Color (Dome) Sonar, Multibeam Echosounder, Side Scan Sonar, dan Remotely Operated Vehicle (ROV).
    Color (Dome) Sonar mampu melakukan penjejakan ke segala arah (omni directional) terhadap obyek-obyek di bawah permukaan laut pada jarak optimal hingga 2.000 meter. Multibeam System mampu melakukan penjejakan dan pemetaan 3 (tiga) dimensi secara terinci terhadap dasar laut dan oyek-obyek di laut. Side Scan Sonar dapat menjejak obyek ke arah samping hingga jarak optimal sejauh 400 meter ke arah kiri dan kanan. ROV adalah kamera yang dapat memantau obyek hingga kedalaman 100 meter di bawah muka laut.
    K/R Baruna Jaya IV pernah melakukan operasi SAR di perairan Laut Jawa di lokasi tenggelamnya KM Senopati Nusantara dan ke lokasi kemungkinan Adam Air KI 574 jatuh. Teknologi ROV dalam aplikasinya ternyata telah menghasilkan efisiensim kinerja bila dibandingkan jika secara konvensional, bahkan yang teknologi konvensional tidak mampu melakukannya. Dengan ROV, banyak sekali penemuan-penemuan besar terjadi. Diantaranya adalah riset air mineral laut dalam (Deep Ocean Water), sebagai bahan dasar obat-obatan dan sekaligus juga bisa dikembangkan untuk energi kendaraan bermotor.

    Daftar Pustaka
    Marine Technology Society ROV Committee's "Operational Guidelines for ROVs" (1984).
    The National Research Council Committee's dalam "Undersea Vehicles and National Needs" (1996).
    http://hermawan.web.id

    SACS (Structure Analysis Computer System)


    SACS  adalah salah satu perangkat lunak (software) untuk analisa struktur baik struktur lepas pantai maupun untuk struktur teknik sipil yang dikembangkan oleh Engineering Dynamics Inc. Kelebihan dari software ini adalah user friendly sehingga mudah untuk menjalankannya,  seperti mempermudah dalam desain, memodelkan beban lingkungan seperti beban gelombang, arus, angin, marine growth, dan beban beban yang lain. Selain itu proses penganalisaannya lebih mudah seperti analisa statis (in place analysis), analisa dinamis, fatigue analysis dan macam – macam output yang ingin ditampilkan berdasarkan codes yang dipakai.  

    Untuk saat ini cukup disini dulu ja yach... untuk tutorialnya akan saya posting dipostingan-postingan berikutnya...



    INTERGRANULAR CORROSION


    Umum
               Di lingkungan sehari-hari banyak terdapat proses kimiawi yang terjadi. Salah satu proses kimiawi yang terjadi adalah proses korosi. Beberapa macam jenis korosi sangat mudah untuk dikenal dan ada juga sangat susah untuk dikenali. Jenis korosi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam, diantaranya adalah:
    ·           Uniform attack
    ·           Galvanic Corrosion
    ·           Crevice Corrosion
    ·           Pitting Corrosion
    ·           Intergranular Corrosion
    ·           Selective Leaching
    ·           Erosion Corrosion
    ·           Stress Corrosion
    ·           Fatigue Corrosion
    ·           Biological Corrosion
               Klasifikasi diatas dapat mempermudah membedakan macam-macam korosi yang terjadi. Salah satu jenis korosi yang akan dibahas adalah Intergranular Corrosion.
    Definisi
    Intergranular corrosion merupakan jenis korosi yang sangat merugikan, karena bentuk dari jenis korosi tidak dapat dilihat secara langsung. Korosi ini hanya dapat dilihat melalui uji lab. Intergranular corrosion disebabkan karena susunan kristal pada suatu atom material mengalamai kekosongan maka akan berakibat mudahnya material mengalami korosi. Hal ini disebabkan adanya difusi media korosi logam yang meningkat sehingga media korosif dapat masuk kedalam grain boundary.

    Gambar 1. Contoh gambar korosi intergranular. (www.efestus.just.edu)
    Mekanisme
    Korosi ini termasuk korosi yang disebabkan oleh perubahan sifat metalurgi, dimana ketika austenic SS berada pada temperature 425-850 oC (temperatur sensitasi) atau ketika dipanaskan dan dibiarkan mendingin secara perlahan (seperti halnya sesudah welding atau pendinginan setelah annealing) maka karbon akan menarik krom untuk membentuk partikel kromium karbida (chromium carbide) di daerah batas butir (grain boundary) struktur SS. Formasi kromium karbida yang terkonsentrasi pada batas butir akan menghilangkan/ mengurangi sifat perlindungan kromium pada daerah tengah butir. Sehingga daerah ini akan dengan mudah terserang oleh korosi. Secara umum SS dengan kadar karbon < 2 % relative tahan terhadap korosi ini. Ketidak sempurnaan mikrostruktur ini diperbaiki dengan menambahkan unsur yang memiliki afinitas (daya tarik) terhadap Karbon lebih besar untuk membentuk karbida, seperti Titanium (misal pada SS 321) dan Niobium (misal pada SS 347).
    ..................
    Selengkapnya silahkan Download



     Selamat Menikmati


     

    SONAR (SOUND NAVIGATION AND RANGING)


    Definisi Sonar
                Sonar (Singkatan dari bahasa Inggris : Sound Navigation And Ranging), merupakan istilah Amerika yang pertama kali digunakan semasa Perang Dunia, yang berarti penjarakan dan navigasi suara, adalah sebuah teknik yang menggunakan penjalaran suara dalam air untuk navigasi atau mendeteksi kendaraan air lainnya. Sementara itu, Inggris memiliki sebutan lain untuk sonar, yakni ASDIC (Anti-Submarine Detection Investigation Committee).

    Gambar 1. Sistem Sonar (HMS, APS, dan SPVDS / Cable Handling Sistem)
             


     Sonar adalah suatu metode yang memanfaatkan perambatan suara di dalam air untuk mengetahui keberadaan obyek yang berada di bawah permukaan kawasan perairan. Suatu alat navigasi elektronik dengan menggunakan energi acoustic dalam bentuk sistem gema, yang dipasang di kapal untuk mengetahui kedalaman suatu perairan, bentuk dasar suatu perairan, serta untuk memperoleh informasi yang ada di perairan, terdapat dua instrument yang dikenal yaitu Echo Sounder (penduga gema)  merupakan salah satu alat yang kerap digunakan dalam kajian sains kelautan terutama digunakan untuk menentukan atau mengukur kedalaman air dimana kedalaman dasar laut dapat dihitung dari perbedaan waktu antara pengiriman dan penerimaan pulsa suara, keadaan permukaan dasar lautan, serta sebagai perekam kedalaman (depth recorder) dan Doppler Log yang digunakan untuk mengukur kecepatan kapal.
                Secara garis besar sistem kerja sebuah peralatan sonar adalah mengeluarkan sumber bunyi yang akan menyebar di dalam air. Bunyi ini akan dipantulkan oleh obyek di dalam air dan diterima kembali oleh sistem sonar tersebut. Berdasarkan penghitungan kecepatan perambatan suara di dalam air maka letak obyek di dalam air tersebut dapat diketahui jaraknya dari sumber suara. Pada peralatan sonar yang lebih canggih, bentuk fisik ataupun bahan pembentuk obyek itu dapat diketahui juga.
           



    Gambar 2. Hull Mounted Sonar (HMS)

    Gambar 3. Self Propelled Variable Depth Sonar (SPVDS)


     
    Untuk mendeteksi suatu objek-objek yang kecil maka diperlukan pancaran sonar (beam) baik secara vertical dan horizontal dengan tingkat pancaran yang tinggi serta tingkat lintasan yang kecil. Untuk mengurangi pelaksanaan operasionalnya dengan kebutuhan akan awak operator maka kebutuhan sonar dengan sistem otomatis deteksi dan jalur target haruslah tersedia. Desain sebuah alat sonar sistem minimal untuk keperluan pemeliharaan adalah adanya jaminan yang meyakinkan bahwa peralatan tersebut dapat dioperasikan dalam masa waktu yang lama dalam kondisi unit-unit peralatan yang sifatnya tenggelam dalam air laut.
              
     
         Dua Jenis Sonar
                Alat sonar pertama digolongkan sebagai sonar pasif, di mana tidak ada sinyal yang dikirim keluar.
    Gambar 4. Sonar Pasif

               Pada tahun 1918 Inggris dan AS membuat sistem aktif, di mana sinyal sonar aktif dikirim dan diterima kembali. Misalnya saja untuk mengetahui jarak satu obyek, petugas sonar mengukur waktu yang diperlukan oleh sinyal sejak dipancarkan hingga diterima kembali. Karena tidak ada sinyal yang dikirim pada sistem pasif, alat hanya untuk mendengarkan. Pada sistem pasif maju, ada bank data sonik (sumber bunyi) yang besar. Sistem komputer menggunakan bank data tadi untuk mengenali kelas kapal, juga aksinya (kecepatan atau senjata yang ditembakkan).




    Gambar 5. Sonar Aktif
    Jenis sonar aktif yang baru dapat djumpai pada model CSDS-805, konfigurasinya terdiri atas peralatan-peralatan bawah air, kabel dan perlengkapan berbasis di pantai. Sebuah unit peralatan bawah air masih memiliki sebuah unit elektronik pengirim sonar dan sebuah transducer omni-directional. Kabel yang dipergunakan memiliki serap optik untuk kebutuhan komunikasi dan konduktor tembaga untuk kebutuhan penyaluran power yang menghubungkan unit peralatan bawah dengan peralatan lainnya yang berada di daerah pantai. Kabel yang khusus untuk digunakan di lingkungan laut ada yang panjangnya mencapai 4000 meter. Selanjutnya peralatan yang berada di daerah pantai teratas unit peralatan layer monitor pengontrol power (listrik) dan panel monitor berwarna. Sonar kemudian dioperasikan dengan menggunakan sebuah tarckball yang memiliki 3 switches dengan menu control terdapat pada layer.
                Frekuensi yang digunakan oleh sonar berada pada daerah ultrasonic, yaitu di atas 20.000 hertz. Karena frekunsi tersebut tidak dapat didengar dan panjang gelombang pada daerah ultrasonic pada daerah ultrasonic sangat kecil sehingga difraksi yang terjadi juga semakin kecil, dan gelombang tidak akan menyebar. Kecilnya panjang gelombang yang digunakan, juga dapat digunakan untuk mendeteksi benda-benda yang kecil pula.